Pages

Labels

Stratifikasi Sosial

A. Pengertian stratifikasi sosial
Stratifikasi sosial adalah perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang menempatkan seseorang pada kelas-kelas sosial yang berbeda-beda secara hierarki dan memberikan hak serta kewajiban yang berbeda-beda pula antara individu pada suatu lapisan sosial lainya. Stratifikasi sosial muncul karena adanya sesuatu yang dianggap berharga dalam masyarakat. Menurut Pitirim Sorokin stratifikasi sosial adalah
konflik, adanya pelapisan sosial bukan dipandang sebagau hasil konsensus karena seatu anggota masyarakat menyetujui dan membetulkan hal itu. Tetapi lebih dikarenakan anggota masyarakat terpaksa harus menerima adanya perbedaan itu sebab mereka tidak memiliki kemampuan untuk menentang.
Menurut karl mark di dalam masyarakat kapitalis, para pemilik sarana produksi pada hakikatnya adalah wakil dari kelas atas yang melakukan tekanan serta dapan memaksakan kontol terhadap kelas buruk yang posisinya dalam lapisan masyarakat lebih rendah.

Untuk makalah dalam bentuk lengkap, silakan didownload di bawah ini.
Download | Makalah Stratifikasi Sosial

1 komentar:

  1. kami mempunyai artikel yg lebih lengkap tentang Pengertian dan Contoh Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli yg bisa Anda lihat disini :

    Pengertian dan Contoh Stratifikasi Sosial Menurut Para Ahli

    juga lengkap dengan daftar pustakanya.. :)

    BalasHapus

 
Back to top

Pengikut